.

 

KEGIATAN INOVASI GERTAK SAMBER CC PUSKESMAS PARUNG PANJANG

 

Untuk menghindari infeksi virus corona, WHO, (2020) menyarankan agar selalu rajin mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak dengan orang lain sejauh minimal 1 meter, mencegah menyentuh wajah jika belum mencuci tangan, menutup mulut dan hidung saat batuk ataupun bersin, tetap tinggal di rumah saat kurang sehat, tidak merokok atau yang serupa yang dapat mengganggu paru- paru, tidak keluar rumah jika tidak perlu dan menghindari kerumunan.

 

Sebagaimana telah diketahui bahwa virus corona menyerang kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mampu menghadapi virus lagi. Dengan demikian kekebalan tubuh menjadi faktor utama dalam menghadapi virus tersebut. Sistem imun adalah sistem daya tahan tubuh terhadap serangan substansi asing yang terpapar ke tubuh kita. Substansi asing tersebut bisa berasal dari luar maupun dalam tubuh sendiri.

 

Cara meningkatkan imunitas tersebut salah satunya adalah dengan meningkatkan kandungan vitamin di dalam tubuh agar tetap bugar dan sehat yaitu dengan menyempatkan waktu untuk berjemur. Sinar ultraviolet dari matahari bisa membantu memberikan vitamin D untuk kulit serta mampu meningkatkan sistem imun.

 

Dilansir dari Healthline, bahwa sinar matahari adalah salah satu sumber vitamin D, vitamin yang terbukti bisa memperkuat sistem imun kita. Oleh karena itu, zat tersebut sering disebut sebagai 'sunshine vitamin'. Saat intensitas radiasi UV B relatif rendah, sinar matahari bermanfaat bagi pembentukan Vit D3 dan sistem imun dalam tubuh, dan aman bagi manusia.

 

Vitamin D berperan dalam mengatur perbanyakan sel T, mengontrol proses dan fungsi sel limfosit. Singkatnya, vitamin D mendukung aktivasi imunitas antibakteri dan antivirus. Pada kasus kekurangan vitamin D, kadar sitokin pro peradangan meningkat dan mengurangi efektivitas respon imun terhadap infeksi secara signifikan.

 

Untuk itu Puskesmas Parungpanjang menginisiasi inovasi GERTAK SAMBER CC 19 (Gerakan Serentak Sambil Berjemur Cegah COVID-19) yaitu Upaya preventif dan promotif dengan mengadakan penyuluhan tentang COVID-19 dan pencegahannya serta mengajak seluruh pegawai dan pengunjung Puskesmas melakukan aktivitas berjemur setiap jam 10 pagi.

 

Yuk Ikuti kegiatannnya supaya tubuh tetap sehat dan bugar!!!!!!

 

Agenda Kegiatan